Selasa, 30 Maret 2010

Lembah Anai



































Air terjun Lembah Anai terletak di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, Air terjun ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai,
Keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan “citra alam” merupakan sebagai salah satu ikon pariwisata di provinsi tersebut.
Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.

Sebelum sampai di lokasi, dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, tampak lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. terkadang bermunculan monyet-monyet yang berkeliaran .

Air Terjun Lembah Anai terletak di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia.

Dari Kota Padang, perjalanan dapat ditempuh selama lebih-kurang 1 jam menggunakan angkutan umum atau kereta api pariwisata.

Selain keindahan air terjunnya Lembah Aai juga memiliki cagar alam yang sama indahnya. Cagar Alam Lembah Anai merupakan salah satu kawasan hutan lindung yang terdapat di Sumatra Barat. Kawasan ini memiliki hamparan hutan hujan tropik yang lebat dengan aneka ragam jenis flora dan fauna. Hutan yang terletak di jalan raya menghubungkan Kota Padang—Bukittinggi ini, ditetapkan sebagai kawasan konservasi cagar alam semenjak Kolonial Belanda
Keindahan alam ,kekayaan flora dan fauna langka. Keindahan alam yang dapat disaksikan, yaitu tiga air terjun dan satu telaga yang airnya berwarna kebiru-biruan. Salah satu di antaranya terletak di pinggir jalan yaitu Air Terjun Lembah Anai. Sementara dua air terjun lainnya tertutup oleh lebatnya hutan, dan dapat ditempuh perjalanan sekitar 15 menit dari lokasi Air Terjun Lembah Anai. Keindahan panorama telaga sekitar 15 menit dari tepi jalan raya.

Flora salah satunya adalah bunga bangkai (amorphyphalus titanum). cangar, sapek, madang siapi-api (litsea adinantera), cubadak/cempedak air (artocarpus sp), madang babulu (gironniera nervosa), dan lain-lain.

Fauna , hewan langka yang hampir punah, di antaranya harimau sumatra (phantera tigris sumatrensis), rusa (cervius timorensis), siamang (hylobates syndactylus), kera ekor panjang (macaca fascicu- laris), beruk (macaca nemestrena), trenggiling (manis java- nica), kancil (tragulus sp), tapir, dan biawak. kera ekor panjang, siamang, dan beruk. Ketiga hewan ini selalu bergerak untuk mencari buah-buahan yang terdapat di kawasan hutan hingga ke pinggir jalan raya dan sering tampak oleh pengunjung.
Aneka burung, seperti elang (accipitriade sp), burung balam (bolumbidae), burung punai, dan burung puyuh.
Berbagai macam kupu-kupu (troides neo miranda).

Cagar Alam Lembah Anai terletak di Kecamatan X (Sepuluh) Koto, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

Untuk mencapai lokasi dengan menggunakan angkutan umum (bus), mobil sewaan, atau mobil pribadi. Dari Bandar Udara Ketaping Padang menuju Kawasan Cagar Alam Lembah Anai dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam

Di dalam kawasan cagar alam terdapat beberapa tenda posko yang digunakan oleh tenaga konservasi Cagar Alam Lembah Anai.


Dari berbagai sumber :

http://indotim.net/wisata-sumatera/wisata-sumatera-barat/lembah-anai/


http://wikipedia.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar